Financial Planner

FUNGSI FINANCIAL PLANNER

Financial planner fungsinya tentu mempersiapkan masa tua yang terbebas dari utang, hidup sejahtera, serta memiliki pengelolaan keuangan yang baik.

Proses perencanaan ini meliputi penentuan tujuan hidup, prioritas, serta tujuan finansial seseorang, lalu dengan mempelajari kondisi, risiko, gaya hidup, serta penghasilannya saat ini, merancang sebuah rencana yang realistis untuk mencapai tujuan tersebut.

Job description financial planner

  • Menetapkan tujuan klien

Ini harus dibicarakan diawal pertemuan, agar tujuan Anda dapat diarahkan oleh pihak perencana keuangan menuju arah yang lebih baik dan aman. 

  • Mengatur dan mengelola keuangan secara tepat

Tujuan memang harus ditentukan oleh klien, financial planner hanya bertugas untuk memberikan solusi yang lebih tepat. ia akan bertanya secara detail tentang masalah keuangan Anda.

Lalu menentukan cara mengatur keuangan dengan penghasilan yang ada, kemana saja uang seharusnya dialokasikan, bagaimana cara menyesuaikan kondisi keuangan dan gaya hidup, dan lain-lain.

  • Memantau rencana keuangan

Ini yang harus dijalani oleh klien, setelah melakukan perjanjian dan rencana keuangan bersama financial planner. Dengan kata lain, mulai dari pemasukan hingga pengeluaran akan secara langsung dimonitor.

  • Memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi

ALASAN FINANCIAL PLANNER DIBUTUHKAN

Rencana terkadang meleset dari harapan. Namun, Anda jangan khawatir, karena sudah menjadi tugas dari perencana keuangan untuk memberikan Anda jalan keluar.

Keberadaan financial planner memang sangat dibutuhkan agar masyarakat bisa mengelola keuangan dengan baik. Yang nantinya akan bertugas memberikan saran pengelolaan keuangan yang baik dan benar. 

Dan tentunya setelah diberikan pengetahuan mengenai perencanaan keuangan, diharapkan masyarakat bisa lebih bijak dalam menghadapi problem keuangan.

11 alasan Finacial Planner sangat dibutuhkan.

1. Ini dapat melindungi Anda dan keluarga dari berbagai risiko yang berdampak secara finansial seperti kecelakaan, terserang penyakit, kematian, dan tuntutan hukum.

2. Mengurangi hutang-hutang.

3. Membiayai kehidupan disaat usia Anda tidak lagi produktif.

4. Membayar biaya-biaya untuk keperluan anak.

5. Mampu menyediakan biaya sekolah anak hingga tingkat sarjana.

6. Membiaya biaya pernikahan anak-anak.

7. Membeli Kendaraan

8.  Membeli Rumah

9. Menentukan masa pensiun dengan gaya hidup yang kita inginkan.

10. Membayar biaya-biaya perawatan yang bersifat jangka panjang.

11. Mewariskan kesejahteraan kepada generasi berikutnya.

PRUDENTIAL FINANCIAL PLANNER

Sebagai bentuk komitmen jangka panjang dalam memberikan layanan terbaik dikelasnya serta untuk meningkatkan kualitas tenaga pemasaran (agen) perusahaan, PT. Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) menyelenggarakan setiap tahun pelatihan Registered Financial Planner™ (RFP) yang diadakan sejak Maret 2011 di FISIP Training Center Universitas Indonesia.

FISIP Training Center Universitas Indonesia telah ditetapkan sebagai salah satu lembaga untuk memberikan program pelatihan dalam perencanaan keuangan bagi para praktisi keuangan yang berminat meningkatkan pengetahuan sekaligus mempersiapkan ujian sertifikasi untuk memperoleh gelar Registered Financial Planner™ (RFP).

Setelah penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Prudential Indonesia dengan Universitas Indonesia pada Februari 2011, kerjasama yang telah dilakukan adalah penyelenggaraan program pelatihan RFP oleh FISIP Training Center Universitas Indonesia yang diadakan eksklusif untuk agen Prudential.

Langkah pelopor untuk mengikutsertakan agen asuransi dalam program pelatihan RFP merupakan bagian dari komitmen Prudential untuk terus mengembangkan kemampuan agennya sebagai perencana finansial profesional dan terpercaya sebagai jawaban atas meningkatnya kesadaran dan kebutuhan masyarakat umum atas perencanaan finansial jangka panjang individu serta keluarga.

Setelah mengikuti pelatihan tersebut dan selanjutnya melalui proses ujian sertifikasi untuk resmi menyandang predikat RFP dari Financial Planning Standard Board (FPSB) Indonesia, maka para agen akan lebih terbekali dengan penguasaan pengetahuan perencanaan keuangan dan manajemen risiko, disamping penguasaan materi asuransi pada umumnya. Hal ini mendukung komitmen Prudential untuk menghasilkan nilai tambah kepada para nasabah melalui agen dimana dengan mengikuti program pelatihan ini dapat lebih cakap dalam memberikan konsultasi finansial komprehensif, sesuai kebutuhan nasabah.

Chat dengan Ria
Halo..
Saya Ria, agen Prudential . Saya siap membantu anda..